Kamis, 23 Januari 2014

LOMBA BLOG PIALA BAPAK DINO PATTI DJALAL



Who’s The Next Dino Patti?
Oleh: Septia Milanda
            Dahulu, Indonesia adalah negara jajahan oleh beberapa negara. Negara Indonesia pun merdeka tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dengan semangat nasionalisme melawan para penjajah. Akhirnya, tepat tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan diri sebagai negara merdeka. Tumpahan darah, deraian air mata, dan cucuran keringat para pahlawan telah mengantarkan generasi Indonesia ke pintu gerbang yang lebih baik sehingga mereka bisa menghirup udara kebebasan tanpa ada rasa takut akan bahaya yang menghadang.
            Semangat nasionalisme tidak harus hanya dimiliki oleh para pejuang, akan tetapi generasinya juga harus ikut meniru sikap tersebut. “Jangan pernah melupakan sejarah”. Itulah sebait kata bung Karno. Kita jangan pernah melupakan sejarah terutama sejarah bangsa Indonesia yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. Namun, apabila perjuangan dan pengorbanan itu hanya diingat-ingat saja, maka engkau akan lupa.
            Perjuangan dan pengorbanan serta semangat nasionalisme para pahlawan tidak harus dibuktikan dengan berperang. Tapi, bisa diganti dengan semangat belajar, berkarya, dan membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Seperti halnya Bapak Dino Patti Djalal, beliau seorang pelopor agar generasi muda dan kalangan umum menyuarakan gagasannya untuk menjawab tantangan masa depan di Indonesia dengan membuat lomba Artikel Nasional yang sangat bergengsi ini. Dengan lomba yang diadakan beliau, secara tidak langsung kaum pelajar dan masyarakat umum bisa belajar sekaligus berkarya, menuangkan gagasan, dan berkreasi dalam membuat website.
            Lomba yang diadakan Bapak Dino Patti dapat memunculkan semangat terutama kepada peserta lomba agar bersemangat mempromosikan tulisannya dan berani menampilkan tulisannya atau bahkan dibaca semua khalayak walaupun peserta masih penulis amatir. Tidak hanya itu, untuk memacuh semangat para peserta lomba, tidak tanggung-tanggung beliau akan membagikan 500 buku kepada 500 pengirim naskah pertama sehingga memacuh adrenalin peserta untuk semangat berkarya dan menuangkan gagasannya. Selain itu, tema yang diberikan beliau cukup menantang dan sungguh luar biasa untuk kemajuan Indonesia menjadi lebih baik.
            Menurut saya, Bapak Dino Patti Djalal adalah seorang pelopor dan nasionalis yang luar biasa, dan sungguh kreatif karena berkat gagasan beliau dalam mengadakan event ini, semua masyarakat dapat ikut menuangkan ide mereka dalam menjawab tantangan masa depan Indonesia yang lebih baik. Tak semua orang bisa membuat hal seperti ini. Namun, sikap dan sosok seperti ini bisa dihadirkan dalam diri kita masing-masing agar kita bisa mengubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Akan tetapi, siapa yang lebih dulu bisa menjadi sosok Bapak Dino Adipati selanjutnya???

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

By :
Free Blog Templates